Senin, 24 November 2008

Dilema User Account Control Windows Vista

Baru aja nyoba install Vista di laptop, emang ketinggalan sih..
tp berhubung baru dpt laptop yg mumpuni buat njalanin Vista ehehehe..
Hal baru yang sering dihadapi adalah ketika kita menjalankan program diluar folder Program Files
atau Install software baru pasti akan ada notifikasi terlebih dahulu. Jika kita login sebagai user biasa maka akan dimintai password admin. Om Bill kasih sebutan hal kayak gitu sbg UAC (User Account Controll).

Diawal kelihatannya memang tidak mengganggu, krn saya selalu login sbg admin, tp ada suatu kejadian yg bikin geregetan. Saya install component Berg Delphi 6 di Folder Program Files. Ketika
install Packages semuanya berjalan lancar. Saya tdk memperhatikan apa2..yg penting klik Next and Next...hehehe..
Ternyata ketika menggunakan komponen Berg mo di Compile minta file *.dcu.
Saya cari2 kemana si Berg naruh file DCU nya..ga ada !!!
Akhirnya cari download source yg lain, saya pikir kali aja component yg saya donlot ga full source...Padahal pusing juga nyarinya..

Ternyata setelah berulang2 coba install/uninstall ketemu bahwa masalahnya adalah UAC di Windows. Jadi ketika Install Packages ternyata delphi meng-create file *.dcu.
Dan karena UAC on secara otomatis create file tdk bisa dilakukan karena lokasinya di Folder Program Files.
Jadi solusinya adalah matikan UAC nya hehe...

Salam...

Tidak ada komentar: